Cara Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner Gratis [TUTORIAL]

Google Keyword Planner adalah tool / alat untuk mencari kata kunci yang ada di penelusuran. Analogi sederhananya adalah mencari keyword apa yang diketikan user diseluruh dunia, data kata kunci tersebut ada di Google Keyword Planner. Jika kamu seorang blogger ataupun internet marketing yang ingin situs banjir visitor, riset keyword adalah hal penting yang harus dipelajari & dilakukan! Ada 2 Jenis Keyword :

Keyword Utama
Keyword utama umumnya singkat dan biasanya satu kata, beda lagi urusanya jika menyangkut nama brand. Berikut 2 contoh keyword utama :

  • Hosting
  • Domain

Keyword Turunan
Keyword Turunan ini biasa disebut dengan Long Tail Keyword. Atau merupakan turunan dari keyword utama. 2 contoh keyword turunan :

  • Jual hosting murah
  • Promo domain murah

Seberapa penting riset keyword? begini, ketika kamu membuat artikel untuk situs website dengan tujuan agar postingan tersebut mendapatkan banyak visitor organik dari penelusuran Google. Riset keyword akan membantu mempermudah Anda untuk menampilkan data kunci yang Anda targetkan. seperti data volume pencarian, tingkat persaingan, bahkan nilai CPC/BPK yang ditawarkan adsvister terlihat jelas di Google Keyword Planner.

Enak toh? Dapat ide kata kunci gratis dan bisa melihat biaya per-klik keyword yang ditargetkan. Nikmat google manalagi yang harus kau dustakan! Masih bingung dimana letak pentingnya? pengertian simplenya kamu dapat membuat judul KEYWORD TEPAT SASARAN!

Tutorial Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Riset Keyword Google Keyword Planner
Untuk para SEO tentu sudah tidak asing dengan "riset keyword" karena memang sudah menjadi kebutuhan pokok (makanan sehari-hari). Tips ini ditujukan bagi pemula ataupun kalian yang membutuhkan... Langsung saja berikut tutorial lengkap cara mencari kata kunci dengan Google Keyword Planner terbaru 2018 *pastikan kamu sudah punya akun google.
Baca juga : 2 Templates Blogger SEO Optimized
1. Silahkan menuju & login ke Google AdWords: Keyword Planner
2. Tunggu beberapa saat loadingnya... lalu Anda akan masuk Dashboard Keyword Planner. Seperti pada tampilan gambar dibawah ini :
*Buka di tab baru untuk memperbesar gambar
Google Keyword Planner
3. Silahkan klik yang dilingkari merah pada gambar diatas (untuk mencari keyword). 
4. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, silahkan isikan kata kunci (keyword utama). Saya mencontohkan dengan mengisi "Keyword". Isikan keyword utama ya bukan keyword turunan.
google keyword planner tutorial

5. Menu penargetan & Sesuaikan penelusuran Anda, Boleh dikosongkan. Lalu setelah terisi klik Dapatkan Ide.
6. Ada 2 pilihan data untuk Ide Group Iklan & Ide Kata Kunci, silahkan pilih yang Ide Kata Kunci. Akan muncul data keyword turunan seperti tampilan pada gambar dibawah ini :
Cara menggunakan google keyword planner
7. Silahkan Download data keyword tersebut & kreasikan sesuai kebutuhan. Untuk pemula saya sarankan pilih persaingan rendah. karena apa? jika anda memilih tingkat persaingan menengah-tinggi, percayalah artikel Anda akan jauh di page one. Jangan tergiur dengan CPC besar, karena cpc besar berbanding lurus dengan persaingan yang lebih sulit. (kecuali anda membuat konten HQ)
Baca juga : Cara Memasang SSL HTTPS di Blogspot, Agar Situs Ramah Search Engine

5 Keunggulan Menggunakan Google Keyword Planner

Memang ada banyak tools untuk riset keyword, baik yang gratis maupun premium berbayar. Tapi yang menjadi favorit saya menggunakan Google Keyword Planner adalah data yang ditampilkan valid! karena google search engine menjadi alat penelusuran terbaik sepanjang zaman dan terbukti semua orang di dunia mencari apapun melalui Google. Berikut 10 keunggulan / keuntungan menggunakan GKP untuk riset keyword :
  1. Tools Riset Keyword Gratis
  2. Data Valid & Benar
  3. Data yang terus di perbaharui UPDATE
  4. Bisa custom volume pencarian (Bulanan/Tahunan)
  5. Bisa custom keyword target negara luar (Cocok untuk kalian yang memiliki niche bule)

Setelah membaca Cara Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner diatas, Silahkan dan mulailah riset keyword sejak dini. Biar semua artikel anda teriset dan semoga merasakan hasilnya. Saya sarankan menargetkan Long Tail Keyword, karena tingkat persaingan yang tergolong mudah (memungkinkan artikel page one).

Dan jika sudah menemukan long tail keyword (keyword turunan) dengan nilai cpc diatas $1 tinggal tunggu saja hasilnya di dashboard adsense. Berikut hasil dari website yang admin kelola dilain tempat (bukan anonymbot) dengan target negara Indonesia saja rata-rata perhari Biaya Per-klik Iklan diatas Rp.2000,- Bagaimana jika target negara luar?
Baca juga : Cara Diterima Adsense Terbaru 2018
riset keyword
Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini biar barokah!

0 Response to "Cara Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner Gratis [TUTORIAL]"

Post a Comment